Pendahuluan
· Salah satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan yang menarik.
· Yang harus dimiliki oleh perancang tampilan:
o Jiwa seni yang memadai
o Mengetahui selera user secara umum
· Seorang perancang tampilan harus mendokumentasikan semua pekerjaan yang telah dia kerjakan selama ini, sebagai bahan evaluasi pembuatan tampilan yang baru atau memperbaiki tampilan sebelumnya.
· Program yang dibuat bukan untuk sendiri melainkan orang lain.
Cara Pendekatan
Jenis program aplikasi:
• Special purpose software
• General purpose software
Special Purpose Software
· Yaitu program aplikasi untuk keperluan khusus dengan user yang khusus pula (special purpose software).
· Kelompok user dapat dengan mudah diperkirakan, baik dari segi keahlian maupun ragam antarmuka yang akan digunakan.
· Misal : program inventori gudang, pengelolaan data akademis mahasiswa, pelayanan reservasi hotel.
· Pendekatan yang digunakan:
o User-centered design approach: perancang dan user bersama-sama membuat tampilan antarmuka.
o User design approach: hanya user yang membuat tampilan antarmuka.
General Purpose Software
· Yaitu program aplikasi yang akan digunakan oleh berbagai macam kalangan user
· Perancang dapat melakukan ‘pemaksaan’ kepada user untuk menerima tampilan antarmukanya, walaupun dapat memberikan dampak program tersebut tidak laku
· Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah user dapat melakukan perubahan tampilan sesuai dengan keinginannya sendiri (customization), mis: merubah warna dasar, pengaturan desktop, wallpaper, screensaver, dll.
1. Model pengguna; memungkinkan user untuk mengembangkan pemahaman yang mendasar tentang apa yang dikerjakan oleh program, bahkan oleh user yang sama sekali tidak mengetahui teknologi komputer.
2. Bahasa perintah; sedapat mungkin menggunakan bahasa alami.
3. Umpanbalik; kemampuan sebuah program yang membantu user untuk mengoperasikan program itu sendiri.
4. Tampilan informasi; digunakan untuk menunjukkan status informasi atau program ketika user melakukan suatu tindakan.
1. Pemilihan ragam dialog
2. Perancangan struktur dialog; melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut.
3. Perancangan format pesan; tata letak tampilan, keterangan tektual secara terinci, dan efisiensi inputing data harus mendapat perhatian lebih.
4. Perancangan penanganan kesalahan
5. Perancangan struktur data.
0 komentar:
Posting Komentar